Jumat, 06 Januari 2012

5 Serba Pertama di Dunia


Bagaimana caranya jika karya yang kita hasilkan bisa selalu di kenang? Jika bukan yang pertama, jadilah yang terbaik. Jawaban dari pelaku bisnis seperti itu memang sebuah kenyataan yang tak bisa kita hindari. Buktinya produk atau karya seperti di bawah ini yang tetap dikenang meskipun telah beratus tahun hilang. Berikut daftarnya:

1.Kamera Digital Pertama (1975); (Dibuat insinyur Kodak, Steve Sasson)
Pada Desember 1975, seorang insinyur dari perusahaan Kodak, Steve Sasson menciptakan sesuatu yang sangat berguna di dekade kemudian, merevolusi fotografi, yaitu: kamera digital pertama di dunia. Kamera ini sebesar pemanggang roti dan menangkap gambar hitam dan putih pada resolusi 100×100 atau 0,01 megapiksel. Gambar yang diambil disimpan dalam pita kaset selama 23 detik. Kamera ini menggunakan ADC dari Motorola (standar tahun 1970-an), lensa dari kamera film Kodak, dan sebuah chip CCD dari Fairchild Semiconduktor (teknologi yang sama pada kamera digital yang masih digunakan saat ini). Untuk melihat gambar diperlukan sebuah komputer khusus dan tape pembaca yang hanya menghasilkan gambar kasar standar televisi. Diperlukan waktu 23 detik untuk membaca gambar dari komputer dan tape khusus itu.

Kamera Digital Pertama(Sumber: petapixel.com, uniknya.com)

2.Motel Pertama (1925); (Motel Inn)
Motel Inn di San Luis Obispo, California tercatat sebagai motel pertama di dunia. Motel ini dibagun pada 1925 oleh seorang arsitektur dari Los Angeles, Arthur Heinemen, yang menciptakan istilah motel yang berarti “motor hotel”. Motel Inn pertamakali terkenal di Milestone, Mo-Tel. Saat itu untuk satu malam dihargai 1,25 dolar. Sayangnya Heineman tidak mampu membayar biaya pendaftaran merek dagang, sehingga para pesaing dapat menggunakan kata “motel.” Hingga kini Motel Inn masih beroperasi.

Motel Pertama (sumber: yousaytoo.com)

3.Cover Album Pertama (1938); (Smash Song Hit, penyanyi Rodgers dan Hart)
Seorang desainer muda berusia 23 tahun, Alex Steinweiss, menciptakan cover album pertama pada 1938 untuk Columbia Records. Album tersebut di jual dalam bungkus cokelat polos. Album “Smash Smash Song Hit oleh Rodgers and Hart” adalah sampul album pertama di dunia.

Cover Album Pertama (sumber: yousaytoo.com)

4.Novel Pertama (1007): (Tale of Genji)
Ribuan tahun lalu, tepatnya tahun 1007, seorang wanita dari pengadilan Jepang, menyelesaikan sentuhan akhir pada sebuah karya yang saat ini dianggap novel pertama di dunia. Dalam rentang 75 tahun, lebih dari 350 karakter, dan penuh dengan puisi romantis, “Tale of Genji” menceritakan kisah seorang putra kaisar, pencariannya akan cinta, dan pertemuannya dengan banyak perempuan sepanjang perjalanannya. Ini berkaitan dengan wanita terhormat  Jepang, Murasaki Shikibu.

Novel Pertama (Sumber:yousaytoo.com)

5.Web Server and Web Site Pertama (1990):  (NeXT computer dan CERN)
Info.cern.ch adalah alamat pertama di situs web di dunia. Dan web server pertama adalah Komputer NeXT di CERN. Alamat web pertama halaman itu http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang dibuat oleh Tim Berners-Lee.

Web Server and Web Site Pertama (Sumber: listsoplenty.com)

Sumber: www.top5s.net, uniknya.com, Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar